Sunday, June 30, 2013

19 Weeks: "Aktif banget anaknya, Bu.." kata Sang Dokter Kandungan.

Sejak usia kehamilan (UK) memasuki 16 minggu, saya sudah merasakan gerakan-gerakan kecil di perut saya. Kalau kata dokter sih, pada kehamilan pertama gerakan bayi biasanya baru terasa setelah UK minimal 5 bulan atau 20 minggu. Lain dengan kehamilan kedua atau seterusnya, dimana gerakan sudah mulai terasa sejak UK sekitar 4 bulanan, yang dikarenakan dinding rahim sang ibu yang menjadi lebih peka setelah kehamilan pertama.

Kemarin saya mengunjungi dokter kandungan 'langganan' saya, dr. Tony Rumbayan, Sp.OG di RS Siloam Manado. Sedikit tentang sang dokter, orangnya asik banget! Penjelasan beliau sangat rinci dan mudah dimengerti oleh saya dan suami. Ditambah lagi, di akhir sesi konsultasi beliau selalu memberi pesan, "Kalau ada apa-apa jangan lupa BBM saya ya. Tanya. Jangan sungkan.". Memang saat sesi pertama konsultasi, beliau memberikan kartu nama pribadinya yang isinya lengkap: ada beberapa alamat praktik, beberapa nomor telepon yang bisa dihubungi dan pin BBM (Blackberry Messenger).

Sesi konsultasi kali ini seperti biasa dokter melihat kondisi janin saya melalui USG. Pemeriksaan USGnya pun cukup lengkap, dari mulai USG 2 dimensi, 3 dimensi, sampai 4 dimensi. Beliau mengukur besar tengkorak, berat janin, mengecek keadaan organ-organ, serta mengukur panjang head to rump janin (panjang janin belum dapat diketahui secara pasti karena posisi janin yang menekuk kakinya). Saat mengukur-ukur itu dokter agak kesulitan, soalnya bayi saya nggak mau diem. :D Lucu ya... Dia gerak terus, pecicilan. Hehehe... Dan saat dilakukan USG 4 dimensi, ditemukan lilitan tali pusat pada lehernya.

Saya sempat khawatir karena banyaknya cerita kurang baik mengenai lilitan tali pusat pada bayi. Tapi menurut dokter hal ini normal, karena bayi saya aktif, dan saat ini baru trimester ke-2. Masih banyak kemungkinan untuknya melepaskan lilitan tersebut. Dan ternyata, menurut dokter lilitan di leher itu tidak berpengaruh kepada bayi, karena sistem pernafasannya belum seperti kita pada umumnya. Bayi mendapatkan asupan oksigen dari ibunya, bukan dari pernafasan yang dilakukannya secara mandiri. Semoga tali pusat itu nggak menyulitkan kamu ya nak...

Pasca kontrol tersebut saya jadi sering ngajak ngobrol bayi saya, menyuruhnya untuk lebih hati-hati kalau bergerak agar bisa segera elepaskan lilitan tali pusat pada lehernya itu, juga agar nggak kelilit lagi dan agar tali pusatnya tidak membentuk simpul. Simpul tali pusat sangat merugikan bayi, karena dapat menghambat asupan makanan dan oksigen dari ibu ke bayi. Saya juga lebih mengusahakan peningkatan frekuensi saya membaca Al Quran, agar bayi saya selalu dilindungi Allah SWT. Semoga ya nak.... Aamiin...


5 comments:

Anonymous said...

Assalamualaikum
saya juga sekarang lagi hamil 28 weeks dan kontrol rutin dengan dr. Tony orangnya memang komunikatif skali, bisa free juga USG 4D nya kecuali cetak harus bayar 800rb, sama dokternya disaranin foto dari layar aja terus dicetak sendiri hehehe

Unknown said...

Waalaikum salam...
Wah kalau gitu sekarang sudah 33 weeks dong ya? Usia kehamilan kita kayaknya sama nih :)

Masih konsultasi ke dr. Tony? Sampaikan salam saya ya kalau ketemu... Sekarang ini saya sudah tidak di Manado lagi, sudah pulang kampung ke Jabar dan berencana melahirkan di sini.

Semoga sehat terus ya mbak sampai saatnya si kecil lahir... :)

Dyarilonia said...

assalamualaikum..
kalo saya skrg alhmdulillah udah uk 21weeks. Sekarang stay di manado, stlh kuliah 5 tahun di bogor. masi bingung buat cari dokter spog nih mbak. dokter spog saya sebelumnya jarang ada di tmpt praktek. dr. Tony spertinya recomended ya mbak? klo di dr. Tony biasanya sekali konsultasi biayanya sktr brapa mbak?

Tia Yulantami said...

Sangat recommended mbak. Beliau komunikatif bgt dan open bgt. Biayanya coba tanya langsung ke RS Siloam Manado mbak (0431) 8883131. Aku nggak begituhafal krn dicover asuransi. Hehehe...

Gita Aprillia said...

Hi mbak ...Salam kenal
Aq lg nyari dsog di manado juga, dr tony ada hr apa aj di Siloam y ?
thanks