Sunday, October 13, 2013

Serba Serbi Bumil (Trimester 1)

"Alhamdulillah..."
Mungkin itu adalah salah satu ungkapan syukur yang sering kali didengar oleh sebagian besar pasangan pengantin baru yang baru saja figured out kalau sang istri tengah hamil. Begitu pula dengan saya tentunya. :)

Waktu pertama kali mengetahui kalau saya hamil, jujur saya pikir kondisi saya sama saja dengan kondisi saya biasanya. Perbedaan yang (menurut saya waktu itu) mungkin terjadi paling-paling semakin membesarnya perut seiring perkembangan janin. Hahaha... Ternyata salah besar. Maklum, saya belum ada pengalaman, ini adalah kehamilan pertama saya. Banyak perubahan secara fisik dan psikis yang saya alami, dan itu menuntut saya untuk memiliki sejumlah barang-barang khusus keperluan hamil. 

Kehamilan umumnya dibagi menjadi 3 berdasarkan usianya, yaitu 0-4 bulan (trimester 1), 4-7 bulan (trimester 2) dan 7-9 bulan (trimester 3). Di trimester pertama kehamilan banyak sekali perubahan yang terjadi pada ibu, menuntut ibu mau-tidak mau menyesuaikan diri dengan kondisi barunya. Pada masa ini janin baru saja terbentuk di rahim ibu. Saat saya pertama kali kontrol ke dokter untuk 'melaporkan' hasil testpack saya, sang dokter menjelaskan bahwa inilah masa dimana organ luar maupun dalam si jabang bayi mulai tumbuh. Yang banyak dirasakan bumil adalah mual, disebabkan adanya hormon HCG (ituloh, hormon yang bikin testpack memunculkan 2 garis tanda positif hamil). Ada juga sih bumil yang nggak mual... Semua itu balik lagi ke kondisi masing-masing ibu.

Berikut akan saya bagikan informasi mengenai apa saja yang perlu diperhatikan ibu hamil (bumil) dengan usia kehamilan 0-4 bulan (trimester 1).
  1. Banyak istirahat. Perhatian khusus ditujukan untuk bumil yang nggak merasa mual, karena sebenarnya mual itu bisa diartikan komunikasi bayi ke ibu, nyuruh ibunya untuk banyak istirahat, jangan terlalu capek. Jadi, istirahat yang cukup merupakan salah satu kebutuhan utama bagi bumil.
  2. Sedia 'senjata' antimual. Misalnya: minyak kayu putih, minyak angin, buah-buahan (jeruk, apel, dll). Kebutuhan antimual bagi setiap bumil berbeda. Kalau saya, mual reda setelah dada dan punggung atas diolesi minyak kayu putih. Ada pula teman saya yang meredakan mualnya dengan mencium aroma kulit jeruk atau makan buah apel.
  3. Memastikan perut tidak kosong. Janin membutuhkan banyak nutrisi untuk berkembang. Dari mana lagi kalau tidak didapatkan dari ibunya? Untuk itu, pastikan agar ibu selalu makan makanan yang bergizi tinggi (zat penting saat kehamilan diantaranya adalah asam folat, zat besi, kalsium). Gimana kalau makanan yang sudah dimakan dimuntahkan? Ya makan lagi... Terus explore makanan yang cocok untuk ibu yang tidak atau tidak terlalu memicu ibu muntah. Modifikasi makanan, browsing internet, atau bertanya pada orang yang sudah berpengalaman dapat menjadi pilihan untuk mempekaya jenis makanan yang baik untuk ibu hamil.
  4. Olahraga ringan. Jalan pagi sekitar jam 6.00 selama 15-30 menit merupakan olahraga paling ideal untuk bumil trimester 1. Tapi jangan lupa untuk memastikan ibu sudah mengkonsumsi karbohidrat sebelum berolahraga. Saya pernah pingsan sesaat setelah jalan pagi. Setelah konsultasi ke dokter, penyebabnya adalah saya belum sarapan alias kekurangan karbohidrat. Perlu diingat olahraga berat seperti angkat beban, kick boxing atau karate sangat tidak disarankan selama kehamilan. Beberapa gerakan yoga ringan (terutama pengaturan nafas) juga dapat diaplikasikan untuk bumil trimester 1.
  5. Membiasakan tidur miring. Banyak ibu yang terbiasa tidur terlentang (termasuk saya) atau tengkurap. Kebiasaan ini harus dihidari selama masa kehamilan. Posisi tidur paling ideal saat hamil adalah miring, terutama miring ke kiri karena inilah posisi yang tidak menghambat pembuluh balik untuk melakukan tugasnya. Sebagai variasi dan supaya tidak pegal, bolehlah sesekali tidur miring ke kanan. Mulailah membiasakan diri untuk tidur miring sejak awal kehamilan.
  6. Komunikasi yang baik dengan pasangan. Sering kali perubahan hormon mempengaruhi mood para bumil. Kalau mood bagus sih no problem lah ya... Yang menjadi masalah adalah saat mood jelek. Untuk mengatasinya, jelaskan pada pasangan dan minta pengertiannya atas perubahan yang ibu alami. Sedangkan untuk healing diri sendiri, perbanyaklah berdoa dan mendekatkan diri pada Allah agar hati lebih tenang.
  7. Seputar seks. Berhubungan intim dengan pasangan selama kehamilan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Usahakan agar posisinya tidak menekan perut ibu yang sedang hamil. Selain itu, posisi janin dalam kantung rahim mempengaruhi seberapa boleh hubungan seks dilakukan selama hamil. Menurut dokter kandungan saya, dr. Tony Rumbayan SpOG, posisi janin dalam kantung rahim dibagi menjadi 3, yaitu di atas, di tengah, dan di bawah. Resiko tertinggi adalah jika posisi janin di bawah, yaitu dekat mulut rahim, sedangkan resiko terendah adalah jika posisi janin berada di paling atas kantung rahim. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sel sperma dapat menyebabkan kontraksi rahim. Di trimester 1 ini, adanya kontraksi bisa menimbulkan pendarahan. Jika itu terjadi, harus segera menghubungi dokter ya bu...
  8. Menyiapkan pakaian dalam yang nyaman. Berdasarkan pengalaman, mulai minggu ke-8 saya sudah merasa kurang nyaman dengan pakaian dalam saya, terutama bra. Suami saya yang baik pun membelikan beberapa pakaian dalam baru untuk saya sejak itu. Saran saya, jangan beli terlalu banyak (3-5 potong cukup), karena ukuran payudara dan perut akan terus bertambah semasa kehamilan. Atau kalau mau praktis, belilah beberapa potong pakaian dalam dengan ukuran yang lebih besar. Saya sangat menyarankan bra dengan tali pundak yang besar. Itu cukup mengurangi risiko sakit punggung lho.. :) Kalau untuk panty, saya menyarankan yang hipster alias garis celananya di bawah perut agar tidak eungap saat dipakai, terutama saat perut semakin besar.
  9. Baju longgar. Seperti pakaian dalam, pakaian luar juga harus nyaman untuk bumil. Dengan memilih pakaian yang longgar terutama di bagian perut (model A-line), bumil akan merasa lebih nyaman dan adem (sesuai pengalaman saya sih.... Hehehe...). Sejak hamil muda, saya lebih suka pakai dress daripada two pieces. Lebih 'bebas' rasanya. :) Untuk itu, saya menobatkan daster rumahan sebagai the best clothes saat hamil. Hehehe...
  10. Korset hamil. Ini optional sih... Kalau saya menggunakan korset hamil terutama saat bepergian agar meminimalisir guncangan pada perut.
  11. Menghindari makanan-makanan tertentu. Ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk bumil dengan alasan memberi pengaruh buruk pada kehamilan dan janin. Diantaranya adalah nanas, durian, daging kambing, makanan mentah atau setengah matang, dan lain-lain.
  12. Ngidam. Kebanyakan bumil merasakan ngidam. Menurut dokter kandungan saya (dr. Tony), ngidam itu sebetulnya bukan pada jenis makanannya, tetapi pada zat yang dikandung makanannya. Misalnya, saat ngidam makan bakso, sebenarnya itu adalah bentuk komunikasi tubuh bahwa ia membutuhkan zat utama yang terkandung dalam bakso, yaitu protein dan lemak. Berhubung bakso itu kurang disarankan bagi bumil, silakan ganti bakso dengan olahan daging yang lebih fresh dan tidak diproses berulang, misalnya dibuat sop. Hmm.. Kalau dipikir, ngidam itu sebenernya irrational kan?
  13. Naik pesawat terbang. It's a BIG NO untuk naik pesawat bagi ibu hamil di trimester 1 hingga usia kehamilan 4 bulan. Dikhawatirkan goncangan di pesawat terbang memberi pengaruh buruk pada janin, serta dikhawatirkan pula ibu mengalami shock serta kelelahan yang berlebihan. Banyak pengalaman bumil yang keguguran setelah naik pesawat di usia kehamilan belum mencapai 5 bulan. 
  14. Mengemudikan mobil atau motor. Diusahan untuk tidak mengemudikan mobil ataupun motor bagi bumil trimester 1, karena dikhawatirkan bumil menjadi stress atau lelah. Apalagi kalau nyupirnya di kota besar, dimana kondisi lalu lintasnya semrawut. Stress, kaget dan lelah dapat memicu kontraksi dini hingga pendarahan bagi ibu dengan usia kehamilan 0-4 bulan.
Demikian informasi yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi yang memerlukan. Rencananya posting ini akan ada lanjutannya lho. Ditunggu yaa.. :)

3 comments:

Ida darmayanti said...

Mksh infonya yak :D

Ohya, bagi facebooker kalau da yg mau konfirmasi semua permintaan pertemanan langsung sekali klik, pakai trik ini aja, 100% brhasil deh..

Aku udah nyobain soalnya.. Cara Konfirmasi / Hapus Teman dan Permintaan Pertemanan FB Menurut Bahasa

Unknown said...

wah blognya menambah penggetahuan ,cek ini juga dong JASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

Unknown said...

JUAL OBAT Obat Cytotec Asli
MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
Cytotec Asli YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.
Ciri Cytotec asli adalah obatnya tidak ada bentuk lain selain persegi enam dan warnanya pun cuma putih.


. . .Call/WA :085 702 494 733
. . .BBM : D29AD2CE

http://obatcytotecasli.net/

...INFO LEBIH LANJUT KLIK WEBSITE RESMI KAMI YANG TERTERA DI BAWAH INI:


Obat Aborsi

Obat Penggugur KandungaN

CARA Menggugur KandungaN

Obat Cytotec Asli

Cytotec Asli