Wednesday, November 6, 2013

Diare

Ini bukan diare sembarang diare. Ini adalah diare saat saya hamil dengan usia 36 minggu. Huhh... Kebayang nggak sih lemesnya kayak apa? :(

Dimulai dari kemarin, 5 November 2013, lagi libur 1 Muharram. Sejak bangun tidur saya merasa kedinginan. Tumben, saya pikir. Padahal suhu air conditioner di kamar saya adalah suhu yang biasa, 24 derajat Celcius dengan fan medium. Sepanjang hari saya merasa nggak nyaman dengan keadaan saya. Kedinginan terus tapi keringat nggak berhenti mengalir. Singkatnya: meriang. Perut kerasa banyak gasnya, plus mual juga.

Jam 3 sore balada dimulai (baca: diare). Mau makan ataupun minum, keluarnya pasti dalam bentuk feses cair. Nggak kuat boook, lemes selemes-lemesnya. Meriang pun terus berlanjut sampai malam.

Malamnya saya ditreatment minyak kayu putih oleh mama saya. Sekujur tubuh dibalur minyak kayu putih. Bahkan nelepon suami pun nggak sanggup lama-lama saking lemesnya.

Besoknya, saya bangun jam 4 subuh. Merasa lebih baik sih sesaat setelah bangun. Tapiiii setelah sholat subuh, perut kembali bergejolak. Total frekuensi BAB 6x dari jam 4.30 sampai jam 6 pagi. Panik, saya akhirnya nanya-nanya ke teman di suatu forum ibu hamil dan menyusui. Saya pun nge-whatsapp dokter kandungan saya di Bogor (dr. Farahdina, SPOg). Setelah menerima berbagai masukan, saya memutuskan untuk segera ke rumah sakit.

Sampai di rumah sakit, saya langsung ke IGD, ditangani dokter umum untuk cek keadaan saya dan juga ditangani bidan untuk ngecek keadaan janin saya. Menurut sang dokter, frekuensi BAB saya perlu diwaspadai karena sudah lebih dari 5x dalam waktu singkat plus saya sedang hamil pula. Tapi masih boleh pulang dengan catatan kalau setelah diobati masih diare juga, saya harus kembali ke rumah sakit dan diinfus. Sementara itu keadaan janin saya Alhamdulillah baik-baik saja, dia nggak kekurangan cairan atau apapun karena keadaan saya. Syukurlah...

Alhamdulillah, setelah minum obat frekuensi BAB saya berkurang. Saya jadi jauh merasa lebih segar. Haduuh... Kapok deh jajan sembarangan diwaktu hamil. Peringatan banget lho ini untuk saya. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena Allah masih memberikan kesehatan untuk saya dan bayi saya. Semoga di hari-hari terakhir menjelang persalinan ini Allah akan selalu memberikan kami sekeluarga kesehatan dan kekuatan. Aamiin...

No comments: