Sunday, April 21, 2013

Better Person

Better man.
Pasti pada tau lagunya Robbie Williams ini, yang rilis bertahun-tahun lalu. Ya, kita sebagai manusia biasa pastinya sangat banyak kekurangannya. Bahkan saat kita berniat memperbaiki diri, kadang itu terasa berat. Seringkali mungkin kita 'patuh' untuk tunduk pada aturan perbaikan diri tersebut, tapi ada juga kalanya kita lalai.

Saya sering mengalami itu. Memang tidak mudah, butuh niat untuk berubah dan niat untuk konsisten menjalani perubahan tersebut. Saya rasa saya masih termasuk golongan yang beruntung, karena saya punya seseorang yang nggak pernah bosan mengingatkan saya untuk menjadi manusia yang lebih bersikap dewasa dan lebih baik lagi.

Kalau saya lagi kumat ketidak-konsistenannya atau saya anggap dengan 'melakukan kesalahan', rasanya emosi saya sulit sekali dikontrol. Dan saya mulai melakukan hal-hal atau berkata-kata yang (kebanyakan) akan saya sesali kemudian. Lebih parah, saya mungkin sekali akan menulis sesuatu di akun sosial media saya. Tentunya bukan sesuatu yang baik :(

Menyesal? Pasti. Saya sadar perbuatan itu hanya memperburuk citra saya di mata banyak orang, khususnya orang-orang yang saya kenal.

Saya butuh curhat. Dan pada awalnya saya mengira kalau saya tidak memiliki seseorang yang bisa saya andalkan. 'Andalkan' disini saya definisikan sebagai seseorang yang bisa berpikir dalam sudut pandang saya sehingga tau apa yang saya butuhkan, dan tau cara menyampaikan nasihat atau saran yang baik bagi saya.

Sekali lagi, awalnya saya berpikir seseorang itu tidak ada. Tapi ternyata saya salah. Orang itu ada dan saya tau saya bisa mengandalkan dia. Saya berterima kasih pada Allah SWT yang sepertinya membuka jalan untuk saya agar bisa menjadi manusia yang lebih baik.

Orang itu adalah sahabat terbaik saya, yang menurut suatu dokumen telah sah menjadi suami saya. :)

Saya berusaha untuk tau diri. Sebagai feedback, saya ingin bisa menjadi manusia dan pribadi yang lebih baik, khususnya untuk beliau.

No comments: